Home / Wisata Pegunungan / Tempat Wisata Gunung Ijen

Tempat Wisata Gunung Ijen

Mengenal Tempat Wisata Gunung Ijen

Berbicara masalah keindahan alam di Indonesia tidak ada matinya. Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam yang menakjubkan. Hal itu membuat Indonesia banyak didatangi oleh para wisatawan asing dari berbagai macam negara. Tentunya untuk pihak Indonesia akan menguntungkan karena memberi tambahan bagi pemasukan negara Indonesia. Selain itu, Indonesia pun akan semakin dikenal di dunia.

Tetapi, konsekuensinya bagi pihak negara Indonesia, haruslah memastikan fasilitas dan pelayanan terbaiknya. Salah satu tempat yang paling difavoritkan para wisatawan asing yang berlibur ke Indonesia adalah keindahan pegunungannya. Nah, pegunungan di Indonesia ada banyak sekali. Sudah pernah mengenal Gunung Ijen? Ya, artikel kali ini akan membahas seputar tempat wisata Gunung Ijen.

Tempat Wisata Gunung IjenWisata Gunung Ijen yang Mengasyikkan

Sudah pernahkah ke Gunung Ijen? Jika belum, mari kita kenal lebih dalam mengenai Gunung Ijen. Gunung Ijen atau yang biasa dikenal dengan Kawah Ijen merupakan obyek wisata yang menjadi list atau daftar kunjungan bagi beberapa wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Wisata Gunung Ijen memiliki luas sekitar 2.560 hektar. Luas tersebut termasuk hutan wisata yang memiliki luas sekitar 92 hektar.

Yang perlu diketahui bahwa kawasan Gunung Ijen ini adalah salah satu wilayah cagar alam yang biasa dikenal sebagai Cagar Alam Taman Wisata Ijen. Oleh karena itu, Kawah Ijen haruslah dijaga kelestariannya. Kawah Ijen berada di ketingginan sekitar 2.468 meter di atas permukaan laut. Kawah Ijen sendiri berada di wilayah antara Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dengan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.

Tempat wisata Gunung Ijen sungguh menarik untuk kita kunjungi. Mengapa seperti itu? Alasannya karena yaitu:

  1. Gunung Ijen memiliki kawah yang sangat indah degan danau besar yang berwarna hijau kebiruan. Kabut dan asap belerang yang ada pun memberikan suasana yang memesona.
  2. Suhu dingin yang bekisar 10 derajat celcius atau bahkan bisa sampai 2 derajat celcius membuat suasana menjadi sungguh menenangkan dan syahdu. Tanaman seperti Bunga Edelwis dan Cemara Gunung banyak bisa kita temui di sana.
  3. Blue Fire atau Api Biru merupakan fenomena yang muncul di tengah-tengah sulfur dan hanya bisa kita saksikan saat malam hari sampai menjelang pagi hari. Fenomena ini tidak boleh kita lewatkan saat berwisata ke Gunung Ijen.

Comments

comments

Check Also

Tempat Wisata Gunung Kelud

Tempat Wisata Gunung Kelud

Tempat Wisata Gunung Kelud yang Patut Dicoba Artikel kali ini akan membahas seputar tempat wisata ...