Home / Wisata Pegunungan / Obyek Wisata Gunung Ijen

Obyek Wisata Gunung Ijen

Berlibur ke Obyek Wisata Gunung Ijen

Ada kalanya kita membutuhkan liburan saat kita merasakan kejenuhan. Kejenuhan bisa diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari kita ataupun lingkungan tempat tinggal kita seperti di dalam ruang perkotaan. Sebagai orang Indonesia, kita patut bersyukur karena Indonesia diberkahi alam yang sangat indah.

Ada pegunungan, ada laut dengan pantainya, ada danau, dan masih banyak lagi keindahan alamnya. Nah, kita tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk mendapatkan suasana alam yang menakjubkan. Suasana pegunungan merupakan tempat yang cocok bagi kita untuk merelaksasikan diri kita sejenak. Berbicara masalah pegunungan yang ada di Indonesia, ada banyak sekali pilihannya. Artikel kali ini khusus membahas mengenai obyek wisata Gunung Ijen?

Obyek Wisata Gunung IjenIndahnya Obyek Wisata Gunung Ijen

Gunung Ijen atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kawah Ijen berada di wilayah 3 kabupaten yaitu Bondowoso, Situbondo, dan juga Banyuwangi. Gunung Ijen ini termasuk dalam kategori gunung yang masih aktif di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.443 meter di atas permukaan laut. Kawah Ijen pun memiliki kawah terbesar di dunia. Dibalik keindahan kawahnya, kawah ini pun sama halnya dengan kawah lainnya yang berbahaya karena mengeluarkan gas yang beracun.

Keindahan Kawah Ijen makin memukau dengan adanya danau yang memiliki warna hijau kebiruan. Tidak hanya itu, Kawah Ijen pun terkenal dengan adanya fenomena yang sungguh indah yaitu Blue Fire atau Api Biru. Api Biru ini bisa kita lihat sekitar malam hari sampai menjelang dini hari. Fenomena ini dapat kita lihat di tengah-tengah penambangan sulfur.

Kemudian yang harus diperhatikan adalah beberapa tips saat berlibur ke obyek wisata Gunung Ijen, antara lain yaitu:

  1. Penting untuk memperhatikan pakaian yang kita pakai saat berwisata ke Gunung Ijen. Jangan gunakan celana jins, pakailah celana bahan kain atau celana cargo. Pakai sepatu yang cocok untuk naik gunung.
  2. Pakailah masker penutup hidung karena saat kita menelusuri tebing kawah kadang asap belerang terbawa angin.
  3. Kita harus dengarkan peringatan dari petugas keamanan, jika di suruh turun kita harus mematuhinya.

Bawalah makanan yang cukup dan juga air minum. Tetapi, usahakan jangan banyak minum, untuk mencegah pelambatan metabolisme di dalam tubuh.

Comments

comments

Check Also

Tempat Wisata Gunung Kelud

Tempat Wisata Gunung Kelud

Tempat Wisata Gunung Kelud yang Patut Dicoba Artikel kali ini akan membahas seputar tempat wisata ...